Kamis, 27 Januari 2011

Mengenal Camfrog



Bagi Anda yang gemar ber-chatting alias berdialog baik dengan tulisan maupun berbicara di dunia maya, informasi berikut kiranya cukup bermanfaat. Ada sebuah software yang tidak kalah bonafidenya dengan Yahoo Messenger, Meebo, MIRC, maupun Skype untuk berinteraksi di internet. Software ini bernama Camfrog.

Apa Itu Camfrog?

Camfrog merupakan sebuah perangkat lunak untuk saling berkirim pesan instan di dunia maya atau internet. Dengan Camfrog, Anda bisa saling bertukar pesan dengan teks, audio streaming, bahkan video streaming.

Sekilas, Camfrog memang mirip Yahoo Messenger, dari tampilan maupun fitur yang ada di dalamnya. Camfrog juga memiliki room alias ruang-ruang chatting yang bisa Anda temukan pula dalam Yahoo Messenger.

Namun, Camfrog memiliki kelebihan lain, jika di dalam YM room maksimal terdiri dari 50 orang anggota, di dalam Camfrog sebuah ruangan atau room, mampu menampung lebih dari 1000 pengguna. Apalagi, ruangan di dalam Camfrog saat ini sudah lebih dari 6000 room. Wow tampak sangat menyenangkan bukan?

Alangkah senangnya jika kita bisa mengenal banyak teman dari berbagai belahan dunia. Saling bertukar ide dan bercengkerama. Jadi sekarang, bagaimana cara memiliki aplikasi Camfrog? Berikut akan disampaikan beberapa langkahnya.

Mengunduh dan Menjalankan Camfrog

Di bawah ini adalah langkah-langkah mendapatkan dan menjalankan Camfrog di komputer Anda:

1.     Pastikan komputer Anda terhubung ke internet. Lalu unduh aplikasi Camfrog secara gratis di situs resminya, www.camfrog.com. File setup-nya (camfrog.exe) tidak terlalu besar, hanya sekitar 12,3 M saja. Perlu Anda ketahui, Camfrog yang Anda unduh ini adalah Camfrog versi biasa atau gratis. Bila Anda ingin meng-upgrade-nya menjadi Camfrog Pro, Anda harus membayar sekitar $49,95.

Ada beberapa fitur dalam Camfrog Pro yang tidak dimiliki oleh Camfrog versi gratis di antaranya:

    * Anda tidak bisa melihat melalui webcam lebih dari satu pengguna atau multi view cam.
    * Anda tidak bisa menambahkan teks dengan berbagai efek pada webcam milik Anda.
    * Anda tidak bisa membuat jendela messenger Anda transparan sehingga hanya terlihat tulisannya saja.
    * Anda tidak bisa mengetahui letak room user lawan bicara Anda.
    * Anda tidak bisa mengubah ukuran jendela webcam Anda.

2.     Setelah Anda menyimpan file camfrog.exe di komputer Anda, jalankan instalasinya dan ikuti prosedur-prosedurnya. Pastikan komputer Anda tetap terhubung di internet.

3.     Ketika instalasi selesai dilakukan, sama seperti Yahoo Messenger, Anda bisa langsung mendaftarkan nick atau nama samaran Anda di id Camfrog milik Anda. Anda juga diminta mengisi form pendaftaran member Camfrog, ikuti langkah-langkahnya.

4.     Setelah semua ketentuan dari Camfrog sudah Anda penuhi, maka Anda bisa langsung login dengan menggunakan nick name serta password yang telah Anda tentukan sebelumnya. Anda juga bisa langsung bergabung dengan berbagai room di Camfrog seperti CamfrogIndonesia, Camfrog Asia maupun CamfrogWorld.

Perlu Anda ketahui, berbeda dengan YM, Camfrog memiliki kelebihan yaitu Anda bisa mengakses webcam milik orang lain tanpa perlu izin darinya. Sehingga Anda bisa mengetahui wajah teman interaksi Anda saat itu.

Hal yang Harus Diperhatikan Selama Chatting

Camfrog telah memberi perlindungan kepada anak-anak di bawah umur untuk terhindar dari berbagai hal negatif, dengan memberi Family Filter pada aplikasi Camfrog. Pastikan Family Filter milik Anda dalam posisi ON, karena ada beberapa chatroom yang bebas akses dan khusus untuk kalangan dewasa berusia di atas 18 tahun.

Berhati-hatilah dalam ber-chatting ria. Hormati privasi dan perasaan lawan bicara kita. Sebaiknya hindari kata-kata yang menjurus kasar, tak terpuji atau melecehkan, karena Anda bisa di black list oleh lawan interaksi Anda dan tak bisa mengaksesnya lagi.

Selain itu, Anda juga wajib menjaga tulisan dan kata-kata yang Anda sampaikan di dalam chatroom. Bila tidak, bersiaplah untuk di kick atau dikeluarkan dari ruangan chat oleh operator.

Happy Chatting!

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons